Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk
menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan,
disimpan, dijual, dan dipakai.
Wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau
mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari
bahaya pencemaran serta gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran).
Di samping itu pengemasan berfungsi untuk
menempatkan suatu hasil pengolahan atau produk industri agar mempunyai bentuk
yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan dan distribusi. Dari segi
promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai perangsang atau daya tarik
pembeli. Karena itu bentuk, warna dan dekorasi dari kemasan perlu diperhatikan
dalam perencanaan.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam
perancangan kemasan.
Pertama, kemasan harus menarik. Kalau kemasan tidak
atau kurang menarik, kemasan akan kehilangan fungsinya karena suatu produk
harus bersaing dengan sejumlah produk lainnya dalam kategori yang sama di
tempat penjualan.
Salah satu cara membuat kemasan yang menarik adalah
dengan penggunaan warna yang cermat, warnalah yang pertama kali terlihat bila
produk berada di tempat penjualan. Warna yang terang akan lebih terlihat dari
jarak jauh karena memiliki daya tarik dan dampak yang lebih besar.
Kedua, isi (contents)
kemasan harus dapat memberikan informasi dan daya tarik tentang barang yang
dikemas.
Source : Buku Paket Prakarya Kelas XI Semester 2
No comments:
Write comments